Monday, November 26, 2012

Tips Membuat Kopi


Tips membuat kopi yang anda temukan, tentunya ada beraneka ragam dengan resep membuat kopi yang mulai dari cara sederhana seperti kopi tubruk, hingga dengan menggunakan mesin espresso yang harganya puluhan juta. Namun, untuk menikmati kopi yang enak, apapun resep dan tips membuat kopi yang anda terapkan. Sebelum menerapkan resep membuat kopi, sebaiknya Anda memperhatikan beberapa hal berikut untuk manghasilakan kopi nikmat.



Kenali jenis kopinya dan waktu menikmati kopi
Anda perlu mengetahui jenis kopi apa yang Anda minum dan ketahui pula kopi yang seperti apa yang cocok diminum pada pagi hari ataupun siang hari. Tips membuat kopi ala Bondan Winarno, pakar kuliner  mengatakan bahwa umumnya kopi-kopi jenis Robusta baik dinikmati pada pagi hari, sebab akan memberikan semangat pada peminumnya. Sedangkan kopi Arabica dapat dinikmati mulai siang hari hingga malam hari.

Kulaitas Kopi
Kualitas kopi tentunya juga menentukan enak atau tidaknya citarasa kopi tersebut. Sebagus-bagus tips membuat kopi yang anda terapkan bila tidak didukung dengan kualitas kopi yang top, tidak akan menghasilkan sajian kopi maksimal. Biasanya anda membeli kopi yang sudah dikemas, namun alangkah baiknya anda memilih sendiri biji kopi yang belum digiling. Lalu anda giling sendiri dan seduh.

Gunakan kopi yang fresh
Tips membuat kopi yang mesti anda catat bahwa kopi biasanya akan mulai kehilangan kualitasnya segera setelah ditumbuk dari biji kopi ke bubuk kopi. Cita rasa kopi terbaik adalah jika digiling langsung sebelum diseduh.

Giling sendiri kopi Anda
Grinder kopi murah, seperti blender, sudah cukup untuk kelas rumahan. Gerai kopi premium biasanya menjual kopi dalam bentuk biji yang bisa Anda giling sendiri. Namun jika Anda tidak berniat langsung mengonsumsinya, sebaiknya tak usah membeli biji kopi seperti ini. Cukup anda membeli bubuk kopi di gerai kopi dengan memperhatikan lama penyimpanan.

Simpan kopi dengan benar
Untuk menghasilkan kualitas aroma dan rasa kopi yang nikmat, perlu diperhatikan tip cara penyimpanannya kopi. Anda jangan menyimpan terlalu lama kopi dalam bentuk bubuk karena penyimpanan kopi tersebut berlaku untuk biji kopi saja. Namun, untuk menyimpan kopi bubuk, ada tips nya yaitu keluarkan kopi dari kemasan lalu simpanlah ke dalam toples kaca yang memiliki penutup.

Lama waktu menyimpan kopi
Lama kesegaran kopi bubuk tidak akan sama dengan biji kopi, karena pada kopi bubuk ada lebih banyak permukaan butir kopi yang terekspose udara. Simpan kopi bubuk dalam wadah kedap udara di tempat kering dan gelap pada suhu kamar untuk sekitar dua minggu. Perlu diingat juga bahwa kopi gilingan hanya dapat tahan selama satu minggu, jika lebih kualitas rasa dan aromanya akan berkurang.

Seduh kopi dengan benar
Gunakan air dengan kualitas bagus untuk menyeduh kopi, hindari menggunakan air PAM. Suhu air untuk menyeduh kopi juga harus pas. Jika diseduh dengan air mendidih maka kopi akan terasa gosong. Karakter kopi itu sangat bergantung pada proses sangrai dan seduh, bila salah satunya keliru maka habis sudah kecantikannya.

No comments:

Post a Comment