Sunday, November 27, 2016

Bolehkan Ibu Menyusui Minum Kopi

Bolehkan Ibu Menyusui Minum Kopi

Salah satu kendala ibu menyusui adalah tidak boleh sembarangan makan dan minum, terutapa kopi. Banyak ibu takut untuk minum kopi karena kandungan kafein akan tersalur melalui ASI. Sehingga berpotensi mengganggu pencernaan bayi. Padahal konsumsi kopi bagi ibu menyusui diperbolehkan, hanya saja dalam jumlah yang wajar.


Meski kafein yang Anda konsumsi memang akan tersalur melalui ASI, tetapi banyak penelitian menunjukkan jumlahnya tidak lebih dari 1 persen. Akademi Ilmu Kesehatan Anak Amerika merekomendasikan para ibu menyusui untuk meminum tidak lebih dari 3 cangkir dalam sehari. Banyak ahli yang setuju bahwa Moms sebaiknya membatasi jumlah kafein 300 miligram setiap harinya. Moms juga dapat mengganti jenis kopi dengan kadar kafein lebih rendah, seperti coffee latte, jika sudah terbiasa mengonsumsi lebih dari 1 cangkir.

Sulit untuk mengetahui apakah jumlah kafein yang Moms konsumsi terlalu berlebihan bagi bayi, terutama karena tidak ada gejala yang tampak jelas secara fisik. Tetapi jika Moms merasa Si Kecil rewel setelah Anda meminum kopi, cobalah untuk berhenti mengonsumsi kopi selama seminggu. Kemudian, lihat apakah ada perbedaannya. Setelah itu kembali konsumsi kopi, lalu perhatikan apa kah ia kembali rewel. Jika ya, maka Anda telah dapat menemukan jawabannya.

No comments:

Post a Comment