Tuesday, November 29, 2016

Kopi Indonesia Yang Paling Enak?

Fakta-fakta tadi menjadi bukti bahwa kopi Indonesia sangat istimewa bagi para pecinta kopi, bukan saja di Indonesia, tapi juga di berbagai belahan dunia. Jenis kopi enak di Indonesia jumlahnya memang sangat banyak. Uniknya, masing-masing kopi yang berasal dari Indonesia memiliki aroma dan citarasa yang berbeda-beda.

1. Kopi Gayo



Kopi dari Aceh ini merupakan salah satu kopi paling terkenal dari Pulau Sumatera. Kopi yang umumnya berjenis Arabika ini memiliki citarasa sedikit gurih dan hampir tidak menyisakan rasa pahit di lidah. Kopi Gayo sering disejajarkan dengan kopi Blue Mountain dari Jamaika.

2. Kopi Lanang



Kopi lanang adalah kopi yang sangat unik. Berbeda dengan umumnya biji kopi yang memiliki dua biji, kopi lanang hanya terdiri dari satu biji kopi. Kopi jenis ini biasa disebut dengan peaberry dan biasanya hanya ditemukan di Jawa dan kaki gunung Kilimanjaro di Tanzania. Kopi ini memiliki tekstur kental dan beraroma buah.

3. Kopi Toraja



Salah satu kopi paling terkenal dan banyak disukai orang adalah kopi toraja. Kopi dari Sulawesi ini memiliki tekstur lembut dan citarasa yang tidak terlalu keras. Tidak aneh kopi toraja banyak disukai pria dan wanita. Bagi orang yang baru mengenal kopi, biasanya langsung jatuh hati dengan citarasa kopi toraja.

4. Wamena



Tanah Papua tak hanya kaya hasil mineral, tapi juga kopi. Kopi wamena terkenal sebagai salah satu kopi terbaik, bukan hanya di Indonesia, tapi juga di dunia. Kopi wamena terkenal dengan citarasa unik dengan citarasa anggur di dalamnya dan memiliki keasaman sedang. Kopi wamena umumnya masih diproses dengan cara tradisional, tapi tetap mengutamakan kualitas.

No comments:

Post a Comment