Wednesday, October 17, 2018

5 Manfaat Minum Kopi

5 Manfaat Minum Kopi - Sudah menjadi rahasia umum bahwa kopi mengandung kafein yang bisa menyebabkan kita insomnia . Tapi dalam artikel kali ini saya akan bahas mengenai hal positif yang bisa kita dapatkan jika meminum kopi. Kopi memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh dan juga mental, jika pengolahan kopi ini benar. Berikut adalah 5 manfaat minum kopi yang sudah saya rangkum.


manfaat kopi, minum kopi
sumber gambar : https://meetdoctor.com/


1. Meningkatkan Kecerdasan Dengan Kopi

Rasa lelah dan kantuk dapat diusir dengan meminum kopi. Karena kopi memiliki kandungan kafein yang bersifat psikoaktif. Kafein dari kopi akan diserap darah sampai ke otak. Dimana kafein akan memblokir adenosine sehingga neurotransmitter akan bertambah. Dengan begitu otak bisa bekerja secara maksimal. Kopi juga mendukung fungsi kognitif otak sehingga daya ingat lebih maksimal, meningkatkan kewaspadaan dan mempertajam emosi.


2. Diet Dengan Kopi

Jika kita meminum kopi yang murni tanpa gula, kopi bisa membakar lemak yang ada dalam tubuh kita, juga mengurangi resiko terkena penyakit gula. Kafein terbukti bisa membakar lemak dan meningkatkan metabolisme tubuh hingga 3 - 11 persen.


3. Kopi Membuat Tubuh Lebih Bertenaga

Kopi yang mengandung kafein ini dapat meningkatkan epinephrine atau adrenalin pada darah yang membuat tubuh lebih bertenaga. Meminum kopi tanpa gula sebelum berolah raga dapat meningkatkan tenaga anda dalam kegiatan olah raga yang cukup intens.

4. Kopi Dapat Mencegah Berbagai Penyakit

Seperti yang saya jelaskan pada poin nomor 2, kopi bisa mencegah resiko terkena penyakit gula atau diabetes. Selain itu, manfaat kopi dapat mencegah berbagai penyakit lain seperti menurunkan resiko terkena penyakit parkinson sebesar 32 - 60 persen, kemudian dapat mencegah kanker liver dan kanker usus, dapat mencegah stroke, dan masih banyak manfaat kopi ini untuk mencegah resiko terkena penyakit lainnya.

5. Kopi Membuat Bahagia

Sebuah penelitian di Harvard School of Public Health pada tahun 2011, menyatakan turunnya resiko depresi sebesar 20% pada wanita yang meminum 4 gelas kopi atau lebih dalam sehari. Penelitian lain menyebutkan bahwa, meminum 4 gelas kopi atau lebih dalam sehari bisa menurunkan niat untuk bunuh diri. Dapat disimpulkan bahwa orang yang meminum kopi secara teratur bisa mendapatkan mood atau suasana hati yang bahagia.

Itulah beberapa manfaat kopi bagi tubuh kita yang telah saya rangkum. Thank's for reading. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment