Wednesday, October 31, 2018

Inovasi Untuk Cianjur Smart City

Inovasi Untuk Cianjur Smart City – Kab. Cianjursaat ini sedang mengalami banyak sekali proses pembangunan yang dinaungi oleh pimpinan Bupati H. Irvan Rivano Muchtar. Maraknya pembangunan – pembangunan seperti taman – taman di daerah perkotaan membuat Cianjurmenjadi lebih baik dan bisa mengimbangi kota – kota yang sudah lebih maju terlebih dahulu. Terutama di bagian Cianjur Selatan. Banyak sekali potensi yang dimiliki di daerah selatan ini. Sumber daya alam yang melimpah, wisata pantai, dll, membuat Cianjur bagian selatan ini menjadi prioritas utama dalam pembangunan yang dipimpin oleh Bupati sekarang. Banyak sekali inovasi – inovasi yang bisa menjadikan Kab. Cianjur ini menjadi lebih baik. Konsep Smart City, bisa menjadi suatu inovasi yang bisa mendobrak kemajuan suatu kota. Smart City sendiri adalah peningkatan fasilitas publik yang memadukan antara Teknologi Informasi dan Komunikasi dengan Internet of Things (IoT).


kabupaten cianjur

Namun masih ada beberapa yang harus dibenahi dan menjadi PR tersendiri bagi Kab.Cianjur ini. Dalam zaman yang serba teknologi ini, kita dituntut dan harus bisa bersaing dengan dunia luar dalam kemajuan SDM dibidang IPTEK ini. Perlunya penyuluhan di daerah – daerah terpencil akan pentingnya pendidikan IPTEK ini sangatlah penting, agar warga Cianjur bisa menciptakan inovasi – inovasi dalam bidang IPTEK dan bisa bersaing dengan kota – kota lain, bahkan dunia luar.

Masih terbatasnya jaringan internet di daerah Cianjur selatan juga salah satu hambatan terealisasinya pendidikan yang berkualitas disana. Juga kesadaran akan pentingnya pendidikan ini masihlah sangat kurang. Memang untuk terciptanya “Cianjur Smart City” butuh proses yang tidak sebentar. Tapi jika kita melakukan tindakan dari hal yang terkecil dulu saja, sedikit demi sedikit Cianjur Smart City ini akan tercipta. Contohnya, pupuklah kesadaran kepada masyarakat yang awam, yang kurang peduli akan pendidikan, bahwa, betapa pentingnnya pendidikan dimasa sekarang, untuk menunjang sumber daya manusia yang kreatif, inovatif, dan tentunnya akan membanggakan Indonesia nanti di kanca Internasional. Bukan hanya di Cianjur Selatan saja tentunnya, pemupukan kesadaran akan pentingnya pendidikan ini juga diperlukan di daerah – daerah yang masih kurang perhatian atau masih kurang terekspose oleh orang – orang.

Cianjur Smart City

Saat ini juga, Kab. Cianjur masih kurang sarana – sarana hiburan untuk melepas penat warga Cianjur seperti, bioskop, mall, museum, dll. Memang, sebenarnya sudah beberapa kali didirikan bioskop di Cianjur. Namun, kurangnya kesadaran masyarakat akan sisi positif yang bisa kita dapat jika adanya bioskop ini, menjadi hambatan tersendiri. Museum di Cianjur juga masih belum maksimal dalam pemanfaatannya. Mall – mall juga masih sangat kurang. Memang Cianjur mempunyai Hypermart yang menjadi “Super Mall” nya Cianjur. Tetapi, yang dinamakan “Super Mall” adalah, jika mall itu minimal memiliki 3 lantai. Tiga poin ini juga yang menjadi hambatan untuk terciptanya Cianjur Smart City. Padahal masih banyak lahan – lahan kosong yang bisa dijadikan bangunan – bangunan yang saya sebutkan diatas tadi, tanpa merusak sumber daya alamnya juga tentunnya.

Dibuatnya bangunan  - bangunan seni juga bisa menunjang kemajuan untuk Cianjur ini. Cianjur memerlukan “Cianjur Creative Hub”  untuk menaungi para kreativ dan seniman – seniman Cianjur dalam menyalurkan bakat dan karya – karyanya, seperti “BCH” Bandung Creative Hub. Bayangkan jika ini terealisasi, bisa mengundang dan miningkatkan wisatawan – wisatawan dari luar kota, bahkan wisatawan asing sekalipun.


Smart City

Dari poin – poin diatas, tentunnya itu menjadi sebuah PR bagi Cianjur. Bukan hanya untuk Bupatinya sendiri, tetapi memerlukan dukungan dan kesadaran masyarakat akan pentingnya pembangunan ini untuk menunjang terciptanya Cianjur Smart City.

Baca juga Pengertian Smart City

No comments:

Post a Comment