Tuesday, October 9, 2018

Jenis Kopi Terbaik

Jenis Kopi Terbaik - Jika kita membahas tentang kopi terbaik, tentu saja banyak sekali kopi - kopi berkualitas tinggi yang Indonesia punya. Jika dibahas satu persatu tentu tidak memungkinkan, karena setiap daerah yang ada di Indonesia mempunyai kopi khas nya tersendiri. Untuk itu saya akan merangkum sedikit beberapa jenis kopi terbaik yang ada di Indonesia ini.

Kopi Nusantara
sumber gambar : https://www.wanita.me

Mari kita menjelajahi Kopi Indonesia ...

1. Kopi Gayo

Kopi Nusantara, Kopi Gayo

Jenis Kopi Terbaik - Kopi Gayo merupakan salah satu kopi yang sudah terkenal di Dunia. Kopi ini diproduksi di daerah dataran tinggi Gayo - Aceh Tengah. Di dataran tinggi Gayo inilah, pusat perkebunan dan produksi kopi terbaik di dunia dihasilkan.

Menurut survei Internasional, kopi gayo mempunyai cita rasa dan aroma yang khas dari kopi yang ditanam di tempat lainnya. Karena mempunyai tingkat keasaman yang lebih rendah dan tingkat kepahitan yang kuat.

Sebagai bentuk apresiasi terhadap kenikmatan dan aroma yang khas, yang dimiliki oleh kopi arabika gayo. Dunia Internasional menganugrahi Fair Trade Certified kepada kopi gayo sebagai salah satu kopi terbaik di Dunia. Oleh karena itu, kita sebagai warga Indonesia harus turut berbangga dan mensupport para petani kopi di Indonesia agar bisa terus menghasilkan dan menjaga kualitas kopi - kopi di Indonesia.

2. Kopi Toraja


Jenis Kopi Terbaik - Selanjutnya, kita akan membahas tentang kopi Toraja. Kopi ini dihasilkan di Sulawesi Selatan, tepatnya di Pegunungan Toraja. Memang tanah Toraja sangatlah subur, dua jenis kopi terbaik dunia dihasilkan di tanah Toraja ini.

Perbedaan dari dua jenis kopi Toraja terdapat pada jumlah kafein yang dihasilkan. Tingkat keasaman kopi ini dua - duannya sangat tinggi. Cita rasannya yang khas, memiliki unsur tanah, menjadi keistimewaan kopi Toraja itu sendiri.

3. Kopi Bali Kintamani


Kopi Nusantara, Kopi Bali Kintamani
sumber gambar : Wisatabaliutara.com

Jenis Kopi Terbaik - Sudah jelas dari namannya, kopi ini berasal dari Pulau Dewata Bali. Selain terkenal dengan pesona keindahan alamnya yang memukau dan banyak menarik para wisatawan lokal maupun mancanegara. Ternyata Bali menyimpan kekayaan alam yang tersembunyi, yaitu kopi.

Kopi Kintamani mempunyai ciri khas tersendiri dari cita rasa maupun aroma yang berbeda dari kopi - kopi lainnya yang ada di Indonesia. Kopi Bali Kintamani mempunyai cita rasa buah yang tidak dimiliki kopi lain. Sehingga cita rasa yang dihasilkan kopi ini keasaman bercampur kesegaran yang unik dibanding kopi daerah lainnya.

Hal ini disebabkan karena penanaman biji kopi yang bercampur dengan beraneka ragam sayuran atau biasa disebut dengan sistem Tumpang Sari.

Jika kamu suka kopi dengan rasa asam dan segar, kopi ini cocok untuk menemani dalam suasana apapun.

4. Kopi Flores


Kopi Nusantara, Kopi Flores

Jenis Kopi Terbaik - Flores memang mempunyai banyak keindahan yang membuat para wisatawan sangat ingin mengunjunginnya. Selain keindahan alam yang dimiliki, daerah Flores mempunyai salah satu kopi terbaik nusantara yang terkenal di dunia. Terdapat pada dataran Ngada di Nusa Tenggara Timur tepatnya kopi ini diproduksi. Kopi di Flores tumbuh dengan subur karena abu vulkanik yang berasal dari gunung berapi.

Jenis kopi yang dihasilkan adalah kopi arabika. Cita rasanya sendiri terdapat rasa buah dan aroma tembakau saat meminum kopi ini. Kamu akan menemukan rasa baru jika mencoba kopi daerah Flores ini.

5. Kopi Jawa


Kopi Nusantara, Kopi Jawa
sumber gambar : http://lembahilmu.com/kopi-jawa/

Jenis Kopi Terbaik - Kopi Jawa sudah mulai dikenal sejak abad ke-17 . Saat itu Belanda menanam biji kopi jawa di Pulau Jawa dan berhasil menjadikannya produsen kopi terbesar di dunia pada saat itu.

Kopi ini beraroma tipis rempah - rempah, melalui proses giling basah yang membuatnya sangat berbeda dan menarik untuk dicicipi. Di Pegunungan Ijen Banyuwangi tepatnya kopi ini diproduksi untuk para pecinta kopi Indonesia.

6. Kopi Lanang


Kopi Nusantara, Kopi Lanang

Jenis Kopi Terbaik - Nama Kopi Lanang sendiri tercipta karena biji kopi ini berbentuk bulat , tunggal, serta tidak adanya belahan tengah seperti pada biji kopi lain. Kata "Lanang" sendiri berasal dari bahasa Jawa yang menandakan bahwa itu "Laki-laki" .

Nama Kopi ini mencerminkan pada khasiat yang diberikan, yaitu menambah vitalitas pria . Tak heran jika harga dari kopi ini lebih mahal dari yang lainnya. Kopi ini terkenal di kalangan orang Belanda. Robusta dan Arabika yang bisa dihasilkan oleh Kopi Lanang ini. Kamu harus mencoba kopi ini untuk mendapatkan khasiatnnya,.

7. Kopi Luwak

Kopi Nusantara, Kopi Luwak
sumber gambar : Wonderhowto.com

Jenis Kopi Terbaik - Berikutnya adalah kopi luwak. Pasti kopi ini sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat Indonesia. Karna kopi ini berhasil menjadi kopi termahal dan terbaik di dunia saat ini. Prosesnya yang unik menjadikan kopi ini berbeda dari kopi lainnya.

Prosesnya sendiri adalah dengan menjadikan biji kopi ini sebagai makanan Luwak atau Musang. Karena Luwak tidak dapat mencerna biji kopi ini dengan baik, kotoran yang dikeluarkannya pun berbentuk biji kopi utuh. Awalnya para petani penasaran dengan apa yang terjadi bila kopi - kopi hasil dari kotoran Luwak tersebut diproses, hingga menjadi sajian kopi. Para petani merebus biji kopi tersebut dan yang tercipta adalah cita rasa yang baru dan unik, yang menjadikannya kopi termahal dan terbaik di dunia.



No comments:

Post a Comment