Tuesday, October 9, 2018

Pengertian Kopi Robusta dan Arabika

Pengertian Kopi Robusta dan Arabika - Hampir setiap hari kita meminum minuman yang terkenal membuat rasa kantuk menjadi hilang ini. Kebanyakan dari kita tidak sadar, apakah kopi yang sering kita minum kopi robusta apa arabika ? . Untuk orang yang awam mungkin tidak mengerti perbedaan dari kedua jenis kopi ini. Untuk itu, kali ini saya akan membahas tentang pengertian kopi robusta dan kopi arabika agar kalian semua dapat memilih kopi mana yang sesuai dengan selera. Berikut adalah penjelasannya ...


kopi robusta dan kopi arabika, kopi nusantara, jenis kopi
sumber gambar : https://prelo.co.id

Perlu diketahui bahwa, kedua jenis kopi ini sangatlah berbeda. Hal yang paling membedakannya terletak pada daerah tempat kedua kopi ini tumbuh dan juga dari segi ekonomisnya.

Perbedaan Rasa

Ditinjau dari segi rasa, kopi arabika lebih cenderung beragam. Sebelum masuk kedalam proses disangrai, aroma dari buah kopi arabika ini sangatlah mirip dengan blueberry. Akan tetapi setelah disangrai, kopi ini akan beraroma buah - buahan manis. Rasa dari kopi arabika tersebut dapat lembut, manis, asam, tajam, dan juga kuat.

Nah, sedangkan kopi robusta sendiri dari segi rasa mempunyai rasa yang cenderung netral. Terkadang memiliki rasa dan aroma yang gandung. Sebelum disangrai, biji kopi ini memiliki aroma kacang - kacangan. Namun yang disayangkan, sangatlah susah menemukan kopi robusta yang berkualitas di luaran sana. Hal ini yang membuat kopi arabika lebih mahal dibanding kopi robusta.

Daerah Tumbuh

Kopi Arabika Tumbuh pada ketinggian 700 - 1700 mdpl. Suhu yang dimiliki adalah 16 - 20 °C . Yang perlu diketahui , asal dari kopi ini dari negara Ethiopia dan Brasil. Kedua negara tersebut menguasai 70% pasar kopi secara global.

Ciri - ciri kopi arabika sendiri adalah aromanya yang wangi, tumbuh di daerah yang sejuk dan dingin, memiliki rasa yang kental dan sedikit asam, rasa pahit dan memiliki tekstur yang lebih halus.

Sedangkan kopi robusta tumbuh di dataran yang lebih rendah, yaitu pada ketinggian 700 mdpl. mengenai asal dari kopi robusta. Kopi ini banyak tumbuh di Kolombia, Indonesia dan Filipina.

Rasa kopi robusta itu sendiri cenderung seperti coklat dan memiliki aroma manis. Tekstur dari kopi ini juga kasar dan memiliki warna yang bervariasi. Pohon kopi robusta cenderung rentan terhadap serangan serangga. Buah yang dihasilkan juga lebih banyak. Jenis kopi ini berbuah pada suhu yang lebih hangat.

Bentuk Biji

Yang paling mudah untuk membedakan kopi arabika dan robusta salah satunya dari bentuk biji kedua kopi ini. Untuk kopi arabika bentuk bijinya lebih ke lonjong, sedangkan kopi robusta bentuk bijinya bulat.

Penyajian

Dari segi penyajian kopi arabika lebih sering dinikmati oleh para pecinta kopi sejati. Karena rasanya yang beragam, kopi ini lebih sering disajikan dengan single origin, agar rasa dari kopi ini tidak hilang. Karena itu harga dari kopi arabika cenderung mahal.

Sedangkan kopi robusta lebih sering disajikan dengan Latte, Espresso, atau olahan kopi lainnya. karena rasa kopi ini juga yang lebih ke pait.

No comments:

Post a Comment