Thursday, October 18, 2018

Pembuatan Minuman Kopi

Pembuatan Minuman Kopi - Kopi akan mengalami serangkaian proses yang panjang dari biji kopi untuk menjadi minuman kopi. Berbagai pengolahan metode biji kopi telah dicoba untuk menghasilkan minuman kopi terbaik. Dalam hal ini, proses penanaman turut berperan dalam menciptakan cita rasa terbaik kopi.

minuman kopi

Pemanenan dan Pemisahan Cangkang

Sepanjang tahun, daun kopi akan selalu berwarna hijau dan berbunga putih. Dari bunga inilah biji kopi dihasilkan. Pada dasarnya kopi adalah kerabat dari buah berry, namun orang - orang sudah terlanjur menyebut kopi adalah sejenis kacang - kacangan. Umumnya biji kopi akan dipanen dan dilepaskan dari cangkangnya dengan dua proses, yaitu dengan metode pengeringan dan penggilingan menggunakan mesin. Untuk metode pengeringan sendiri, biasannya dilakukan di daerah yang kondisi cuacannya panas. Di Indonesia sendiri pemisahan kopi dengan cangkangnya dilakukan dengan metode pengeringan. Setelah dijemur diatas terik matahari, biasannya cangkang dengan bijinnya akan mudah dilepas.

Berbeda dengan metode penggilingan dengan mesin. Biji yang dihasilkan dengan metode ini akan lebih bagus. Kopi akan menerima sedikit proses fermentasi hingga sehingga cita rasa dari kopinya juga akan sedikit berbeda.


Proses Roasting

Setelah pemanenan, kemudian kopi akan mengalami proses roasting atau pemanggangan. Dalam proses ini akan lebih menentukan cita rasa, aroma, dan warna dari kopi. Pori - pori disekitar biji kopi juga akan semakin terlihat. Warna kecoklatan akan lebih pekat pada biji kopi setelah proses roasting ini.

Proses Penggilingan

Selanjutnya kopi akan mengalami proses penggilingan. Dalam proses ini kopi akan dijadikan serbuk. Ada beberapa tingkat kehalusan dari penggilingan kopi ini. Yaitu light, medium light, medium, medium coarse, dan coarse. Tingkat kehalusan kopi ini menentukan seberapa kuat rasa dan aroma yang dihasilkan kopi ketika diseduh atau brewing nanti.

Proses Brewing

Proses brewing atau penyeduhan kopi ini adalah tahap terakhir pembuatan kopi hinga menjadi minuman kopi. Dalam tahap brewing, ada beberapa metode yang bisa menentukan kuatnnya rasa dari kopi itu sendiri. Proses brewing dapat menggunakan alat brewing atau dengan cara penyeduhan biasa (tubruk) . Tetapi cita rasa kopi akan lebih terasa jika brewing menggunakan alat. Penyeduhan atau brewing ini sendiri juga tidak boleh asal - asalan. Kopi akan beraroma dan bercita rasa enak jika takaran kopi, rasio air, dan temperatur air panas dari penyeduhan sesuai.

No comments:

Post a Comment