Friday, December 23, 2016

Peralatan Apa Saja Yang Dibutuhkan Untuk Warung Kopi?

Untuk membuka warung kopi sendiri kita harus tahu alat-alat apa saja yang dibutuhkan untuk membuat sepuah kopi. Berikut alat-alatnya :

Dikutip dari : cikopi.com

Grinder


alat giling kopi adalah komponen pertama yang harus dijadikan perhatian dan pilihannya akan sangat menentukan konsep warung kopinya. Untuk warung kopi yang hanya mengandalkan seduh tanpa mesin espresso, pilihan bisa ke grinder merek Feima N600 atau di re-branding oleh Maharaja Coffee dengan nama Latina.

Alat manual brewing

Cukup untuk grinder, kini kita akan beralih ke peralatan manual brewing yang bisa diajak berbisnis. Banyak alat seduh kopi dengan berbagai teknik seduh. Misalnya french press atau clever dripper untuk teknik kopi yang diajak berendam atau submersible.
Lalu yang tentu jauh lebih populer adalah metode seduh dengan pour over atau menuang air panas ke permukaan kopi. Di mazhab ini, Hario V60 mendominasi sebagai alat yang paling populer dan disusul dengan Kalita Wave yang pada prinsipnya tak jauh berbeda. Secara pribadi saya lebih mengandalkan Kalita Wave untuk teknik tuang yang asal membasahi kopi. Ada juga Chemex, tapi tak terlalu direkomendasikan untuk warung kopi dengan modal tak terlalu besar karena filternya seharga 2 ribu per saji

Mesin Espresso

Untuk yang satu ini jangan dulu mengerutkan dahi bila sering mendengar harganya yang mahal karena harganya memang bisa mencapai 200 jutaan. Tapi untuk modal warung kopi yang terbatas dananya, solusinya adalah dengan menggunakan Rok Presso yang hanya mengandalkan tekanan kedua tangan untuk menghasilkan “espresso”. Harga jual 2,5 jutaan dan tinggal gabungkan dengan dengan Red Steamer buatan Irawan Halim dari Bandung, maka praktis urusan milk based sudah selesai untuk sajian kopi latte atau cappuccino. 


No comments:

Post a Comment