Tuesday, December 20, 2016

Harga Kopi Luwak Sebenarnya Berapa?


Kalian tahu sendiri bahwa kopi luwak termasuk dalam jejeran kopi termahal didunia. Tapi tahukah anda berapakah harga kopi luwak itu? Di pasar Indonesia harga kopi luwak begitu beragam dan memiliki rentang yang jauh.

Bagi kalian yang ragu-ragu membeli kopi luwak karena takut mendapat biji kopi luwak yang palsu. Tapi menurut Aris Kadarisman (Pengajar di Indonesia Coffee Academy) kopi luwak asli atau palsu bisa diketahui dari rasa kopi itu sendiri. 

"Kandungan kafein di kopi luwak lebih renda. Jadi kalau minum kopi luwak tidak akan deg-degan karena sebelumnya sudah mengalami proses fermentasi di perut luwak." Kata Aris dikutip daro kompas.com

Kopi luwak asli tidak menyangkut ditenggorokan. Khusus kopi luwak arabica juga memiliki karateristik rasa yang lebih fruty. Sedangkan kopi luwak robusta cenderung memiliki rasa mint.

Berapa harga kopi luwak dipasaran Indonesia? Dikutip dari kompas.com kata Aris "Kisaran harganya memang lebih tinggi daripada kopi biasa. Untuk ukuran cangkir (sudah jadi minuman kopi), kisaran harganya dimulai Rp 100.000 sampai Rp 300.000. Untuk harga bubuk atau biji pe rkilogram, kopi luwak dihargai Rp 1 juta ke atas,"

Kenapa kopi luwak sangat mahal? Ya kalian tahu sendiri kenapa kopi luwak itu mahal adalah karena prosesnya yang lama dan menggunakan hewan musang luwak.
 

No comments:

Post a Comment